MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TAHUN 2020 DI SMPN 11 SURABAYA

Main Author: Suminah
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Institut Penelitian dan Pengembangan Mandalika Indonesia (IP2MI) , 2020
Online Access: http://ojs.cahayamandalika.com/index.php/jomla/article/view/157
http://ojs.cahayamandalika.com/index.php/jomla/article/view/157/101
Daftar Isi:
  • Siswa masih kesulitan menyelesaikan masalah bersifat realistis. Penelitian Tindakan Kelas dengan judul “Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Realistic Matematic Education tahun 2020 di SMPN 11 surabaya” bertujuan mendeskrifsikan prestasi belajar, aktivitas siswa, dan respon siswa melalui penerapan model pembelajaran Realistic Mathematics Education. Penelitian dilakuan selama 4 bulan, dengan menggunakan data kuatitatip berupa hasil tes , data kualitatip hasil respon angket siswa. Hasil penelitian pada prestasi belajar terdapat tuntas 43% ;67% dan 83% pada siklus 1 siklus 2, dan siklus 3. Secara keseluruhan prestasi siswa meningkat. Pada keaktifan siswa yang tuntas 48% ;71% dan 86% pada masing masing sikuls. Secara keseluruhan meningkat pada aktivitas siswa. Sementara respon positip siswa 71%;76% dan 86%.pada siklus 1 siklus dan siklus 3. Secara keseluruhan siswa memberikan respon positip.