PENERAPAN PENDEKATAN STEM BERBASIS PROJEK (STEM - PJBL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA
Main Author: | Sri Handayati |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Institut Penelitian dan Pengembangan Mandalika Indonesia (IP2MI)
, 2020
|
Online Access: |
http://ojs.cahayamandalika.com/index.php/jomla/article/view/151 http://ojs.cahayamandalika.com/index.php/jomla/article/view/151/94 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan kemampuan berfikir kreatif siswa melalui penerapan pendekatan STEM berbasis Proyek-STEM-PjBL) pada siswa kelas VIII.I SMP Negeri 1 Pandaan tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VIII.I SMPN 1 Pandaan yang berjumlah 38 siswa. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar, dokumen kegiatan. Berdasarkan hasil nilai yang diperoleh pada setiap tatap muka melalui pendekatan STEM Berbasis Proyek-STEM-PjBL) diketahui bahwa aktivitas dan kemampuan berfikir kreatif siswa kelas VIII.I SMPN 1 Pandaan Kabupaten Pasuruan Tahun Pelajaran 2018/2019 dalam pembelajaran meningkat. Hasil aktivitas siswa diperoleh data sebagai berikut: pada pertemuan 1 = 6,21, pertemuan 2 = 7,0 (pada siklus I), pertemuan 3 = 8,1 dan pertemuan 4 = 8,9 (pada siklus II). Sementara hasil observasi kemampuan berfikir kreatif peserta didik yang terdiri dari 5 indikator mengalami peningkatan rata-rata dari pertemuan I = 54%, pertemuan II = 67% (siklus I) dan pertemuan III = 75,6%, pertemuan IV = 94% (siklus II). Dari penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam proses belajar mengajar menggunakan pendekatan STEM berbasis proyek (STEM PjBL) dapat meningkatkan aktivitas dan kemampuan berfikir kreatif siswa Kelas VIII.I SMPN 1 Pandaan Kabupaten Pasuruan Tahun Pelajaran 2018/2019. Berdasarkan kesimpulan yang diperoleh nampak sekali bahwa dalam pembelajaran menggunakan pendekatan STEM Berbasis Proyek-STEM-PjBL) telah membawa dampak yang positif kearah peningkatan aktivitas dan kemampuan berfikir kreatif siswa.