Peran Orang Tua Siswa dalam Mendampingi Proses Pembelajaran Daring (Dalam Jaringan) pada Masa Pandemi Covid-19 Mata Pelajaran IPS

Main Author: Ardi saputra, Adisel, dan Suryati
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Institut Penelitian Dan Pengambangan Mandalika Indonesia (IP2MI) , 2021
Subjects:
IPS
Online Access: https://ojs.cahayamandalika.com/index.php/JCM/article/view/312
https://ojs.cahayamandalika.com/index.php/JCM/article/view/312/250
Daftar Isi:
  • Tujuan dilakukan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) peran orang tua dalam mendampingi proses pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 2) faktor- faktor apa saja yang menghambat peran orang tua dalam mendampingi proses pembelajaran daring. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus dan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi, Serta sebagai bahan analisis menggunakan teori kaulitatif deskriftif yang dikemukahkan Arikunto. Subyek penelitian ini adalah orang tua yang tinggal di RT 10 RW 08 memiliki siswa yang berskolah di MTSN 02 Kota Bengkulu yang berjumlah empat keluarga. Analisis data dilakukan melalui beberapa tahap yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) peran orang tua dalam mendampingi proses pembelajaran daring diantaranya: a). orang tua berusaha memberikan fasilitas pembelajaran daring b). orang tua berusaha mendampingan proses pembelajaran daring c). orang tua memberikan motivasi dan dukungan kepada siswa untuk semangat belajar. 2) faktor yang menjadi penghambat peran orang tua dalam mendampingi proses pembelajran daring adalah faktor kesibukan rumah tangga dan ekonomi.