MODEL SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN (SPK) TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TRANSPORTASI ONLINE

Main Author: Faradillah, Yanti
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Harapan Medan , 2019
Online Access: https://jurnal.harapan.ac.id/index.php/Jitekh/article/view/11
https://jurnal.harapan.ac.id/index.php/Jitekh/article/view/11/9
Daftar Isi:
  • Transportation is the process of transferring people or goods using vehicles driven by humans or machines. The switching of conventional transportation user services to online transportation is influenced by the sophistication of communication tools (technology) and the desires of the people who always want convenience. GoJek and Grab is an online application to provide transportation services that are currently growing very rapidly in Indonesia and are starting to emerge with several other similar applications that offer various advantages, so that competition is increasingly competitive. Good public transportation must meet three basic criteria: comfort, safety and accuracy. Determining the level of customer satisfaction are five factors: product quality, price, service quality, emotional and convenience.            This research is to make a model of Decision Support System (SPK) which is used to help online transportation to know the level of customer satisfaction based on the answers of the questionnaire. The right selection will run effectively and the consumers will be satisfied. The proposed multi-criteria selection model is expected to help consumers identify the best transportation.
  • Transportasi adalah proses pemindahan manusia atau barang dengan menggunakan wahana yang digerakkan oleh manusia atau mesin. Beralihnya jasa pengguna transportasi konvensional ke transportasi online dipengaruhi oleh faktor kecanggihan alat komunikasi (teknologi) dan keinginan masyarakat yang senantiasa menghendaki kemudahan. GoJek dan Grab merupakan aplikasi online untuk menyediakan pelayanan jasa transportasi yang saat ini berkembang sangat pesat di Indonesia dan mulai bermunculan beberapa lainnya aplikasi sejenis yang menawarkan berbagai macam kelebihan, sehingga persainganpun semakin kompetitif. Transportasi publik yang baik harus memenuhi tiga kriteria dasar, yaitu: kenyamanan, keamanan serta ketepatan. Menentukan tingkat kepuasan konsumen ada lima faktor, yaitu: kualitas produk, harga, kualitas pelayanan, emosional dan kemudahan.            Penelitian ini untuk membuat model Sistem Pendukung Keputusan (SPK) yang digunakan untuk membantu transportasi online mengetahui tingkat kepuasan konsumen berdasarkan jawaban-jawaban dari kuesioner. Seleksi yang tepat akan berjalan secara efekttif dan konsumennya akan puas. Model pemilihan multi kriteria yang diusulkan diharapkan dapat membantu konsumen mengidentifikasi transportasi yang terbaik.