PENGEMBANGAN MATERI AJAR BAHASA ARAB TERPADU BERBASIS TEMA DI MTs THAWALIB PADANG PANJANG
Main Author: | Salam, M. Yusuf |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
IAIN Batusangkar, Indonesia
, 2019
|
Online Access: |
http://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/ojs/index.php/lughawiyah/article/view/1577 http://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/ojs/index.php/lughawiyah/article/view/1577/1473 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) desain bahan ajar bahasa Arab Terpadu berbasis tema di kelas VII MTs Thawalib Padang Panjang, (2) kelayakan bahan ajar bahasa Arab terpadu berbasis tema, dan (3) efektifitas penggunaan bahan ajar bahasa Arab terpadu berbasis tema dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini mengacu pada model pengembangan Research and Development (R&D) Borg and Gall yang disederhanakan menjadi beberapa langkah, yaitu (1) analisis potensi dan masalah, (2) mendesain produk, (3) mengumpulkan materi, (4) membuat produk awal, (5) melakukan uji ahli, (6) merevisi produk, dan (7) melakukan uji lapangan. Data dalam penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil angket untuk ahli media, ahli materi, dan subjek penelitian. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data pengembangan bahan ajar pembelajaran ini adalah instrumen berbentuk angket terstruktur dan penilaiannya menggunakan skala bertingkat. Sedangkan untuk mendapatkan data kualitatif pada tahap uji lapangan peneliti menggunakan metode observasi. Penelitian ini menghasilkan sebuah produk materi ajar bahasa Arab terpadu berbasis tema yang dikategorikan layak berdasarkan uji lapangan.This study aims at describing (1) the design of theme-based integrated Arabic instructional materials for VII grade of Thawalib Padang Panjang Islamic Boarding School, (2) the validity of theme-based integrated Arabic instructional materials, and (3) the effectiveness of the use of theme-based integrated Arabic instructional materials in teaching and learning process. The type of this research is research and development (R and D). The development model used is based on Borg and Gall model which was modified by Sugiyono by applying the following steps: (1) analyzing potential and problems, (2) collecting data, (3) designing prototype, (4) validating the prototype, (5) prototype trial, (6) revising prototype, (7) product trial, (8) revising the prototype, (9) revising product, and (10) mass production. The data used are quantitative and qualitative data. Quantitative data were obtained from the result of questionnaire given to two experts: media and materials experts, and the respondents of the research. The instrument used was rating scale structured closed-questionnaire. Whereas, qualitative data were obtained by doing field observation. The result of this research is a valid and worthy product of theme-based integrated Arabic instructional materials.