PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK INSIDE OUTSIDE CIRCLE TERHADAP KETERAMPILAN MOTORIK KASAR
Main Authors: | Sarah, Siti, Rusdiyani, Isti, Maryani, Kristiana |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
, 2021
|
Online Access: |
https://jurnal.uai.ac.id/index.php/AUDHI/article/view/594 https://jurnal.uai.ac.id/index.php/AUDHI/article/view/594/469 |
Daftar Isi:
- Penggunaan model pembelajaran sangat menentukan keberhasilan dalam menstimulasi perkembangan motorik anak yang akan berbeda-beda satu anak dengan anak yang lain, untuk itu perlu dirancang suatu model pembelajaraan yang memberikan kesempatan anak agar lebih aktif dalam proses pembelajaraan. Salah satunya model pembelajaraan kooperatif yang dapat digunakan yakni model pembelajaraan kooperatif teknik inside outside circle. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui tentang pengaruh model pembelajaraan kooperatif teknik inside outside circle terhadap keterampilan motorik kasar anak usia 4-5 Tahun di PAUD Terpadu Bina Bangsa Kota Serang. Metode Penelitian ini menggunakan penelitian quasi eskperimen dengan nonequevalent control group design, dengan sampel 15 orang anak untuk kelas eskperimen dan 15 orang kelas kontrol, teknik dalam pengambilan sampel dipilih secara acak. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif teknik inside outside circle berpengaruh terhadap keterampilan motorik anak usia 4-5 tahun, hal ini terbukti dari uji hipotesis yang menunjukkan hasil uji independent samples test diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < dari 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam keterampilan motorik melalui model pembelajaraan kooperatif teknik inside outside circle