Pemodelan Sistem Antrian Pesawat terbang di bandara Internasional Soekarno-Hatta

Main Author: Dresty, Yeda
Format: bachelorthesis doc-type Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: , 2014
Online Access: http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/9982
Daftar Isi:
  • PT. Angkasa Pura II (Persero) saat ini mengelola 12 Bandar Udara di Indonesia, salah satunya adalah Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta. Berdasarkan laporan statistik PT. Angkasa Pura II (Persero) tahun 2012, Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta merupakan Bandar Udara dengan tingkat pergerakan pesawat tertinggi dibandingkan 11 Bandar Udara lainnya yang ada di Indonesia. Pergerakan pesawat yang tinggi ini mengakibatkan adanya pesawat yang mengantri untuk mendarat maupun tinggal landas. Mengamati permasalahan tersebut, dalam penelitian ini akan digunakan teori antrian, dengan elemen-elemen dasarnya adalah pesawat sebagai customer, runway sebagai server dan terdapat antrian pesawat baik untuk pendaratan maupun penerbangan. Berdasarkan hasil analisis, model antrian yang terbentuk adalah (M/G/2):(FIFO/~/~) untuk pendaratan maupun penerbangan pesawat.