PEMODELAN REGRESI MULTILEVEL UNTUK MENENTUKAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHI UJIAN NASIONAL SEKOLAH DASAR DI KOTA BANDUNG

Main Author: Muhammad, Nur
Format: bachelorthesis doc-type Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: , 2014
Online Access: http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/9959
Daftar Isi:
  • Ujian Nasional atau yang disebut UN adalah sistem evaluasi standar pendidikan dasar dan menengah secara Nasional. Para pengamat pendidikan berpendapat bahwa terdapat dua faktor yang mempengaruhi nilai UN, yaitu faktor internal (berasal dari dalam sekolah) dan eksternal (berasal dari luar sekolah). Penelitian dilakukan pada sekolah dasar di Kota Bandung. Data pada penelitian ini bersifat hierarki, yang mana sekolah menjadi level 1 dan kecamatan menjadi level 2. Berdasarkan eksplorasi data, model regresi multilevel yang dapat digunakan adalah model intersep acak. Secara keseluruhan, dapat dilihat pengaruh variabel bebas terhadap variabel tak bebas bersifat positif. Nilai koefisien intra-class sebesar 0.1817475, hal ini menunjukkan bahwa korelasi antar sekolah dasar di satu kecamatan rendah, sehingga kualitas satu sekolah dasar tidak akan terlalu mempengaruhi kualitas sekolah dasar lain yang berada dalam satu kecamatan. Didapat nilai R21 sebesar 0.617, yang berarti variabel bebas (jenis sekolah dan rata-rata nilai rapor) cukup jelas untuk menjelaskan variabel tak bebas (rata-rata nilai UN). Hal ini menunjukkan bahwa untuk Kota Bandung, faktor-faktor yang mempengaruhi rata-rata nilai UN adalah jenis sekolah dan rata-rata nilai rapor.