KLASIFIKASI DENGAN METODE NAVE BAYES CLASSIFIER PADA DATA MINING BERDASARKAN DATABASE KONSUMEN SEPEDA MOTOR HONDA DI JAWA BARAT
Main Author: | Pratama, Jaka Aulia |
---|---|
Format: | bachelorthesis doc-type Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Online Access: |
http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/9888 |
Daftar Isi:
- PT. Daya Adicipta Mustika sebagai main dealer PT. Astra Honda Motor menangani tiga jenis produk sepeda motor yaitu jenis Sport, CUB (Bebek), dan Skuter (Matic) di Jawa Barat. Perusahaan ini mencatat konsumen yang membeli produk sepeda motor Honda dalam Customer Database (CDB). CDB yang dihimpun dari tahun 2011 sampai dengan tahun 2013 menghasilkan informasi karakteristik konsumen yang diperlukan dalam perencanaan pemasaran. Karakteristik konsumen diklasifikasikan menjadi dua yaitu Repeat Order dan New Customer. Metode klasifikasi yang digunakan dalam penelitian Data Mining ini adalah Naive Bayes Classifier. Model pengklasifikasian dilakukan dengan cara menghitung peluang bersyarat dengan memilih nilai peluang yang paling besar. Ketepatan dalam klasifikasi adalah sebesar 83% dan kesalahan klasifikasi adalah sebesar 17%.