Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Satisfaction Dan E-Loyalty pada Transportasi Online di Kota Bandung

Main Author: Syafira, Rakhmaliani
Format: bachelorthesis doc-type Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Online Access: http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/9021
Daftar Isi:
  • Transportasi memiliki peranan penting dalam mobilitas manusia maupun barang. Pentingnya akan transportasi membuat terus meningkatnya jumlah kendaraan bermotor baik mobil penumpang, mobil bus, sepeda motor, dan mobil barang. Transportasi online merupakan inovasi busnis yang memanfaatkan perkembangan teknologi dan tingginya kebutuhan masyarakat akan moda transportasi. Tingginya pangsa pasar transportasi online dan terus meningkatnya mitra pengemudi dapat memberikan beberapa efek, seperti kondisi ideal dari transportasi umum sudah tidak terpenuhi. Penelitian ini akan melihat bagaimana hubungan antara E-Service Quality terhadap E-Satisfaction, E-Satisfaction terhadap E-Loyalty, E-Service Quality terhadap E-Loyalty, dan E-Service Quality terhadap E-Loyalty melalui E-Satisfaction. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif. Penelitian ini dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner secara online, dan mendapatkan sebanyak 404 responden yang merupakan pengguna transportasi online di Kota Bandung. Pengujian hipotesis penelitian dilakukan dengan pendekatan Structural Equation Model (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS) dengan menggunakan software SmartPLS. Hasil pengolahan data pada penelitian ini menunjukan bahwa E-Service Quality berpengaruh positif terhadap E-Satisfaction, E-Service Quality berpengaruh positif terhadap E-Loyalty, E-Satisfaction berpengaruh positif terhadap E-Loyalty, dan E-Service Quality berpengaruh positif terhadap E-Loyalty melalui E-Satisfaction Kata Kunci : E-Service Quality , E-Satisfaction, dan E-Loyalty. Dosen Pembimbing : Dr. Hj. Umi Kaltum, S.E, M.S