ANALISIS PENGARUH SWITCHING COST TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PENGGUNA E-WALLET (Studi kasus pada pengguna GoPay di Bandung)

Main Author: Jaelani, Muhammad Hisyam
Format: bachelorthesis doc-type Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Online Access: http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/8982
Daftar Isi:
  • Switching cost merupakan sebuah biaya ataupun usaha yang dikeluarkan oleh pengguna saat beralih ke merek lain. Biaya tersebut meliputi biaya ekonomis, biaya psikologis, dan juga biaya fisik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh swithcing cost yang ada pada e-wallet tepatnya GoPay terhadap loyalitas para penggunanya. Pada penelitian ini, dimensi dari variabel switching cost adalah biaya resiko ekonomis, biaya evaluasi, biaya pemasangan, biaya belajar, dan biaya hubungan merek. Sedangkan variabel loyalitas pelanggan dibagi menjadi tiga dimensi yaitu pembelian berulang, retensi, dan rujukan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan verifikatif. Survei digunakan dalam penelitian ini sebagai alat ukur untuk mendapatkan sebanyak 105 responden yang pernah menggunakan GoPay setidaknya dalam satu tahun terakhir dan berdomisili di Bandung. Analisis regresi linear sederhana dan membandingkan nilai signifikansi unutk menguji hipotesis yang ada. Hasil pengolahan data pada penelitian ini menunjukkan bahwa keberadaan switching cost yang ada pada GoPay cukup dirasakan oleh para penggunanya meskipun belum terlalu besar. Lalu hasil penelitian juga menenujukkan bahwa switching cost berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen.