Analisis Pengaruh Penerapan Relationship Marketing Perusahaan Transportasi Digital Dalam Peningkatan Loyalitas Konsumen (Survei Pada Konsumen Gojek dan Grab)

Main Author: Sagara, Hizkia Damar
Format: bachelorthesis doc-type Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/8936
Daftar Isi:
  • Relationship marketing merupakan suatu strategi yang digunakan oleh perusahaan untuk menjalin serta menjaga hubungan yang baik dengan konsumen agar tetap setia pada perusahaan dan tidak berpaling kepada pesaing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh relationship marketing yang diterapkan perusahaan transportasi digital yaitu Gojek dan Grab terhadap loyalitas konsumennya. Pada penelitian ini, dimensi dari variabel relationship marketing adalah kepercayaan, komitmen, komunikasi, dan penanganan konflik. Sedangkan variabel loyalitas konsumen dibagi menjadi empat dimensi yakni pembelian ulang, pembelian diluar lini produk/jasa, menarik konsumen baru, dan kebal terhadap produk/jasa pesaing. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan verifikatif. Survey digunakan dalam penelitian ini sebagai alat ukur untuk mendapatkan sebanyak 213 responden yang pernah menggunakan jasa transportasi dari Gojek dan Grab di Kota Bandung. Analisis regresi linier sederhana dan uji beda (Independent sample t-test) juga dilakukan pada penelitian ini untuk menguji hipotesis yang ada. Hasil pengolahan data pada penelitian ini menunjukan bahwa penerapan relationship marketing yang dilakukan oleh Gojek dan Grab untuk mendapatkan loyalitas konsumennya sudah dapat diterapkan dengan baik, dimana menurut responden, Gojek dinilai dapat menerapkan relationship marketing lebih baik dibandingkan Grab. Lalu, hasil penelitian juga menunjukan bahwa relationship marketing berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen serta terdapat perbedaan penerapan relationship marketing yang dilakukan antara Gojek dan Grab.