ANALISIS SISTEM ANTRIAN DALAM PENGGUNAAN E-TOLL UNTUK MENENTUKAN JUMLAH GARDU OPTIMAL PADA GERBANG TOL PASTEUR 2

Main Author: Wahyuni, Puji Dwi
Format: bachelorthesis doc-type Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/8915
Daftar Isi:
  • Saat ini, jalan bebas hambatan atau yang sering kita sebut dengan jalan tol sudah menjadi pilihan utama bagi mereka yang membutuhkan kelancaran mobilitas transportasi darat. Volume kendaraan yang melewati gerbang tol akhir-akhir in dapat dikategorikan banyak setiap harinya, hal tersebut dikarenakan jalan tol memberikan kemudahan bagi pengguna transportasi darat dengan kelancaran mobilitas yang mereka dapatkan. Gerbang Tol Pasteur 2 merupakan gerbang tol dengan volume kendaraan terpadat yang tergabung dalam Tol Purbaleunyi. Gerbang tol ini menjadi akses pintu masuk bagi para wisatawan yang ingin memasuki Kota Bandung. Kepadatan volume kendaraan terjadi pada jam-jam sibuk setiap harinya tanpa terkecuali saat weekend yang mengakibatkan timbulnya antrian kendaraan. Mengingat fungsi jalan tol adalah memberikan pelayanan yang optimal tanpa adanya hambatan yang dapat mengurangi arus kendaraan, penyedia atau operator jalan tol harus mengupayakan fasilitas-fasilitas yang ada dapat bekerja dengan maksimal. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif survei dengan menganalisis sistem antrian setelah diberlakukannya e-toll. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan observasi yang dilakukan setiap weekend dalam kurun waktu satu bulan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui jumlah gardu optimal untuk dapat mengurai kepadatan yang terjadi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jumlah gardu optimum yang sebaiknya dioperasikan untuk dapat mengendalikan kemacetan dan mengurangi jumlah kendaraan menunggu dan berada dalam sistem ataupun dalam antrian menjadi lebih kecil adalah 11 gardu toll.