PEMASARAN SOSIAL TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN (Studi pada Tropicana Slim dalam Webseries Sore di YouTube)
Main Author: | Fahreza, Alan |
---|---|
Format: | bachelorthesis doc-type Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/8851 |
Daftar Isi:
- Pemasaran Sosial merupakan teknik pemasaran menggunakan komunikasi pendekatan sosial dengan menawarkan solusi untuk mempengaruhi perilaku dan pemikiran pada individu dan masyarakat bertujuan untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat. Tropicana Slim sebagai Top Brand dari produk pemanis bebas kalori ingin menyampaikan pesan positif kepada masyarakat untuk meningkatkan kualitas hidup yang sehat dengan tujuan mengurangi dan mencegah bertambahnya penderita diabetes di Indonesia. Cara yang digunakan oleh Tropicana Slim adalah dengan membuat webseries di YouTube yang berjudul Sore. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemasaran sosial Tropicana Slim terhadap minat masyarakat terhadap kesehatan khususnya pada minat beli pada produk pemanis bebas kalori Tropicana Slim. Penelitian ini, dimensi pemasaran sosial yang diukur adalah idea, social practice dan tangible object, sedangkan untuk mengukur variabel minat beli digunakan model AIDA. Penelitian ini memiliki jumlah sampel yang digunakan sebanyak 129 responden yang didapat dengan menggunakan teknik purposive sampling. Alat yang digunakan untuk mendapatkan data dalam penelitian ini melalui kuesioner online yang disebarkan kepada penonton webseries Sore. Penelitian ini dilakukan analisis data yaitu analisis regresi yang mencakup uji validitas, reliabilitas, pengujian hipotesis melalui uji t dan analisis koefisien determinasi (R2). Hasil analisis diperoleh regresi Y = 11.263+ 0. 396X yang diuji menggunakan uji t menunjukkan bahwa variabel pemasaran sosial (X) memiliki pengaruh terhadap minat beli (Y). Angka R2 sebesar 0.116 atau 11.6% yang artinya variabel pemasaran sosial mempengaruhi minat beli konsumen sebesar 11.6%, sisanya 88.4% dipengaruhi variabel lain di luar model variabel penelitian ini. Kata Kunci : pemasaran sosial, minat beli, webseries YouTube