Media dan Pesan Periklanan Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Produk Sprite pada PT. Coca-Cola Amatil Indonesia Di Kota Bandung

Main Author: Nisrina, Dilla Naufilla
Format: bachelorthesis doc-type Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/8669
Daftar Isi:
  • Media dan pesan periklanan merupakan dua faktor yang penting dalam menarik minat konsumen dalam membeli sebuah produk. Sprite sebagai salah satu produk minuman ringan bersoda PT. Coca-Cola Amatil yang sudah lama dikenal di Indonesia melakukan kegiatan iklan televisi dalam menarik minat konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media dan pesan periklanan terhadap keputusan pembelian pelanggan produk Sprite di Kota Bandung. Pada penelitian ini, dimensi dari variabel media yang diukur adalah jangkauan & frekuensi serta waktu, sedangkan untuk mengukur variabel pesan periklanan digunakan dimensi isi, format dan sumber. Untuk mengukur variabel keputusan pembelian digunakan dua dimensi yakni Evaluation of Alternatives dan Purchase Decision. Dalam penelitian ini jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik random sampling. Alat yang digunakan untuk mendapatkan data dalam penelitian ini dengan menggunakan kuesioner offline yang disebarkan kepada penonton iklan Sprite di Kota Bandung. Kemudian dilakukan analisis data yang diperoleh dengan menggunakan analisis korelasi Kendall dan Spearman. Analisis ini mencakup: validitas dan reliabilitas, dan pengujian hipotesis melalui uji t. Dari analisis tersebut diperoleh analisis korelasi Kendall dan Spearman untuk masing-masing variabel (X1 dan X2) sebesar 33,8% dan 39,5% serta 45% dan 53,10%. Variabel Keputusan Pembelian (Y), dan Media periklanan (X1) serta Pesan periklanan (X2) yang diuji menggunakan uji t menunjukkan bahwa variabel media periklanan (X1) dan pesan periklanan (X2) memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian pelanggan Sprite (Y).