Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Rokok Merek Gudang Garam Signature di Kota Bandung
Main Author: | P, Raden Ardi N |
---|---|
Format: | bachelorthesis doc-type Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Online Access: |
http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/8543 |
Daftar Isi:
- Atribut produk adalah salah satu alat yang dapat dimanfaatkan oleh produsen atau perusahaan untuk menarik minat dari konsumen. Pada penelitian ini perusahaan yang akan diteliti adalah PT Gudang Garam Tbk yang merupakan salah satu perusahaan rokok terbesar di Indonesia. Setiap perusahaan rokok yang ada di Indonesia memiliki atribut produk yang berbeda-beda untuk menjadi pilihan bagi konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari variabel independen yaitu atribut produk yang meliputi harga, merek, kemasan, dan kualitas produk terhadap variabel dependen yaitu keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 responden dengan menggunakan metode purposive sampling. Data yang didapat untuk penelitian ini diperoleh dari penyebaran kuesioner secara online dengan bantuan Google Form yang kemudian dilakukan pengolahan data menggunakan metode analisis linier sederhana. Hasil dari analisis tersebut adalah Y=2.078+0.404X. Pengujian dengan uji t menunjukkan bahwa atribut produk memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian. Koefisien determinasi untuk penelitian ini bernilai sebesar 35.7%, yang dapat di simpulkan berarti variabel atribut produk mempengaruhi variabel keputusan pembelian sebesar 35.7% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak ada di penelitian ini.