SIKAP KONSUMEN MENGENAI KANTONG PLASTIK BERBAYAR (STUDI PADA PEMBELI DI SUPERMARKET PREMIUM DAN SUPERMARKET BIASA)

Main Author: R, Ahmad Abdul Malik
Format: bachelorthesis doc-type Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/8434
Daftar Isi:
  • Sikap konsumen merupakan salah satu penentu dalam melakukan suatu proses keputusan pembelian. Pasar swalayan di Kota Bandung telah menerapkan kebijakan kantong plastik berbayar pada awal tahun 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan sikap konsumen dalam pembelian kantong plastik di pasar swalayan di Kota Bandung. Objek yang akan diteliti pada penelitian ini adalah pembelian kantong plastik pada supermarket premium Yogya Riau Junction dan Supermarket Biasa Yogya Sunda. Pada penelitian ini, sub-variabel dari sikap konsumen yang diukur adalah ciri-ciri sikap, fungsi sikap, dan komponen sikap. Adapun sub-variabel pendukung dalam penelitian ini yaitu jenis-jenis retailers dan green marketing. Penelitian ini menggunakan jumlah sampel sebanyak 100 responden dengan menggunakan metode survey explanatory. Alat yang digunakan untuk mendapatkan data dalam penelitian ini menggunakan penyebaran kuesioner secara langsung kepada konsumen yang berada di pasar swalayan yang diteliti. Metode penelitian ini bersifat deskriptif yang bertujuan untuk menjabarkan suatu keadaan atau fenomena yang terjadi saat ini. Hasil dari kuesioner yang telah didapat akan diuji dengan metode uji beda rata-rata untuk mencari perbedaan antara kedua sampel data yang telah didapat dari hasil kuesioner.