Electronic Word of Mouth pada Pengguna Online Review Platform Aplikasi Zomato terhadap Keputusan Mengunjungi Restoran

Main Author: Saufika, Farah
Format: bachelorthesis doc-type Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/8355
Daftar Isi:
  • Internet merupakan media penyambung komunikasi yang masih tergolong baru di Indonesia. Melalui media internet, Word of Mouth kini telah menjadi sebuah fenomena yang memiliki perkembangan sangat pesat khususnya di Indonesia. Word of Mouth yang mengunakan media internet disebut dengan Electronic Word Of Mouth (E-WOM). E-WOM memiliki pengaruh terhadap perilaku konsumen sebelum memutuskan untuk membeli suatu produk atau jasa. Zomato adalah layanan direktori tempat makan yang asalnya adalah dari India. Zomato didirikan pada tahun 2008 oleh Deepinder Goyal dan Pankaj Chaddah. Penelitian ini mengkaji bagaimana electronic word of mouth pada pengguna online review platform, bagaimana keputusan mengunjungi restoran pada pengguna online review platform dan juga pengaruh electronic word of mouth pada pengguna online review platform terhadap keputusan mengunjungi restoran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan verifikatif dengan melakukan survey kuesioner pada sampel sebanyak 100 responden dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan T-test, korelasi pearson product moment dan analisis regresi sederhana. Variabel-variabel yang diukur adalah Electronic Word of Mouth dan Keputusan Pembelian. Hasil dari penelitian ini setelah diolah serta dianalisis melalui serangkaian tahap uji statistik, didapat bahwa electronic word of mouth pada pengguna online reviews memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap keputusan mengunjungi restoran.