Analisis Faktor Penentu Loyalitas Nasabah BNI Taplus (Studi Pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Perintis Kemerdekaan Bandung)
Main Author: | R, R Andhika Gumawang |
---|---|
Format: | bachelorthesis doc-type Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/8312 |
Daftar Isi:
- Perusahaan perbankan telah semakin mengakui peran loyalitas nasabah dalam penciptaan dan pemeliharaan keunggulan bersaing. Kualitas jasa dan citra perusahaan merupakan unsur yang sangat berpengaruh bagi loyalitas nasabah. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kualitas jasa dan citra perusahaan yang dimiliki oleh PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk serta untuk mengidentifikasi komponen kualitas jasa dan citra perusahaan yang menjadi penentu loyalitas nasabah PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Terdapat empat dimensi kualitas jasa yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, bukti nyata, empati, daya tanggap, dan keyakinan. Sedangkan citra perusahaan memiliki empat dimensi lainnya yaitu, karakteristik, reputasi, nilai, dan kehandalan. Metode penelitian yang digunakan bersifat deskriptif dengan menggunakan analisis faktor. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan kuesioner dengan sampel sebanyak 174 nasabah yang diambil secara acak dengan teknik convenience random sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk memiliki kualitas jasa dan citra perusahaan yang cukup baik. Penelitian ini juga menghasilkan lima faktor baru yang menjadi penentu loyalitas nasabah yaitu, reputasi, pelayanan, kredibilitas, keseriusan, dan sarana. Oleh karena itu, perusahaan disarankan untuk mengadopsi lima faktor tersebut sebagai dasar dalam perancangan strategi perusahaan untuk meningkatkan loyalitas nasabah.