PENGARUH GAYA HIDUP PETUALANG TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (Survei pada konsumen produk Eiger di Kota Bandung)
Main Author: | Nafian, Ilman |
---|---|
Format: | bachelorthesis doc-type Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/8127 |
Daftar Isi:
- Konsumen sebagai individu memiliki kondisi yang berbeda satu sama lain yang membuat mereka memiliki perilaku berbeda dalam melakukan keputusan pembelian suatu produk. Salah satu faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen tersebut adalah gaya hidup. Konsumen cenderung untuk membeli produk yang sesuai dengan gaya hidup mereka. Tetapi tidak sedikit pula konsumen membeli produk yang tidak sesuai dengan segmentasi gaya hidupnya. Salah satu gaya hidup yang berkembang di masyarakat adalah gaya hidup petualang (adventure lifestyle). Belakangan produk Eiger yang sejatinya diciptakan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan individu pada segmen gaya hidup petualang, mulai bergeser dan digemari juga oleh individu yang memiliki gaya hidup lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh gaya hidup petualang terhadap keputusan pembelian produk Eiger. Variabel independent dalam penelitian ini adalah gaya hidup petualang sedangkan variabel dependent dalam penelitian ini adalah keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan 103 responden sebagai sampel menggunakan teknik quota sample dengan populasi yaitu para konsumen yang telah membeli produk Eiger. Data dianalisis dengan regresi linier sederhana. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan Uji t dengan tingkat signifikansi 5%. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa gaya hidup petualang memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk Eiger dengan nilai pengaruh sebesar 53,8%. Pengaruh selebihnya, sebesar 46,2% merupakan pengaruh oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti.