PENGARUH FEAR APPEALS PADA KEMASAN ROKOK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (STUDI PADA PEROKOK RINGAN DAN PEROKOK BERAT DI KOTA BANDUNG)

Main Author: Akbar, Lendra Radyan
Format: bachelorthesis doc-type Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/8051
Daftar Isi:
  • Komunikasi pemasaran mempunyai peranan yang sangat menentukan sebagai perantara antara produsen dan konsumen dalam memberikan informasi secara akurat. Salah satu kegiatan pemasaran yang digunakan adalah iklan, karena dianggap sebagai sarana yang paling efektif dalam memberikan informasi sebuah produk kepada setiap konsumennya. Selain bersifat fleksibel iklan juga mencangkup berbagai media, seperti media cetak, elektronik, suara, gerak, dan gambar. Seiring meningkatnya jumlah konsumsi rokok di Indonesia maka pemerintah dan pihat terkait mengeluarkan keputusan untuk menerapkan strategi iklan berdaya tarik rasa takut atau fear appeals. Iklan tersebut juga menganjurkan agar konsumen untuk mengikuti solusi agar terhindar dari ketakutan-ketakutan yang mungkin terjadi. Dari hasil penelitian-penelitian terdahulu, terdapat berbagai macam pandangan dalam melihat pengaruh fear appeals pada kemasan rokok terhadap keputusan pembelian konsumen. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tanggapan dan pengaruh fear appeals terhadap keputusan pembelian bagi perokok ringan dan berat di Kota Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif dengan metode analisis regresi sederhana. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Sampel menggunakan 50 perokok ringan dan 50 perokok berat yang berdomisili di Kota Bandung. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data disimpulkan bahwa tanggapan fear appeals pada kemasan rokok mempunyai pengaruh yang positif terhadap keputusan pembelian bagi perokok ringan dan perokok berat.