PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP CUSTOMER SATISFACTION (Studi Kasus di Kanivor dan Nannys Pavillon)
Main Author: | Masdodi |
---|---|
Format: | bachelorthesis doc-type Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Online Access: |
http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/7932 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak store atmosphere yang diterapkan perusahaan terhadap customer satisfaction pada konsumen Karnivor dan Nanny’s Pavillon di Kota Bandung. Menciptakan store atmosphere merupakan salah satu strategi perusahaan dalam menarik minat konsumen. Persaingan bisnis kuliner semakin ketat karena fungsinya sudah meluas tidak hanya sebagai tempat makan. Di masa sekarang, tempat makan sudah menjadi tempat untuk mengadakan acara seperti rapat, arisan, dan tempat untuk bersantai dengan teman atau keluarga. Faktor dari tingkat stres yang ditimbulkan karena pekerjaan bisa dijadikan sebuah peluang untuk usaha yang berorientasi kuliner dalam menciptakan store atmosphere yang sesuai harapan untuk mendapatkan customer satisfaction. Konsumen yang merasa puas atas kinerja store atmosphere yang diharapakan mengindikasikan perusahaan berhasil menjalankan strateginya. Dalam penelitian ini, jumlah sampel responden yang digunakan adalah sejumlah 100 orang dengan menggunakan quota sampling, dikarenakan jumlah konsumen yang ada tidak diketahui secara pasti. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan penyebaran kuesioner secara langsung kepada para konsumen berbeda di Karnivor dan Nanny’s Pavillon. Penelitian ini menganalisis pengaruh suasana tempat terhadap kepuasan konsumen menggunakan persamaan regresi linier sederhana melalui aplikasi SPSS untuk mengolah data responden. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah store atmosphere dan customer satisfaction. Hasil penelitian yang dilakukan di Karnivor dan Nanny’s Pavillon menunjukkan bahwa keseluruhan pemaparan analisis perhitungan statistik pada uji korelasi, koefisien determinasi, dan uji hipotesis. Hasil kesimpulan yang diperoleh bahwa store atmosphere di Karnivor mempunyai pengaruh terhadap customer satisfaction sebesar 30,9% sedangkan sisa pengaruh sebesar 69,1% merupakan pengaruh dari faktor lain yang tidak diamati. Store atmosphere di Nanny’s Pavillon mempunyai pengaruh terhadap customer satisfaction sebesar 54,8% sedangkan sisa pengaruh sebesar 55,2% merupakan pengaruh dari faktor lain yang tidak diamati.