PENGARUH ATRIBUT PRODUK TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus pada Konsumen Nordhenbasic)
Main Author: | Aldiandra, Sany Fitra |
---|---|
Format: | bachelorthesis doc-type Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Online Access: |
http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/7931 |
Daftar Isi:
- Seiring berkembangnya dunia industri, teknologi, hiburan, dan informasi, gaya berbusana telah menjadi media untuk menunjukan eksistensi seseorang dalam komunitasnya. Produk merupakan elemen kunci dari sebuah brand. Unit bisnis harus dapat memimpin pasar, untuk bisa melakukan hal tersebut mereka harus menawarkan produk beserta pelayanannya dengan kualitas superior yang memberikan customer value yang tak tertandingi. Atribut produk pada produk fashion meliputi: harga, bentuk fisik, kegunaan, merek, fashion. Unit bisnis perlu mengetahui sejauh mana tanggapan konsumen mengenai atribut produk yang dimilikinya karena atribut produk itu sendiri diharapkan dapat membentuk persepsi khusus di mata konsumen yang menjadi kekuatan bagi unit bisnis tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh atribut produk terhadap proses keputusan pembelian produk Nordhenbasic. Variabel independent dalam penelitian ini adalah atribut produk sedangkan variabel dependent dalam penelitian ini adalah proses keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan 100 responden sebagai sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan populasi yaitu para konsumen yang telah membeli produk Nordhenbasic. Data dianalisis dengan regresi linier sederhana. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan Uji t dengan tingkat signifikansi 5%. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa atribut produk memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap proses keputusan pembelian konsumen pada produk Nordhenbasic dengan nilai pengaruh sebesar 65,6%. Pengaruh selebihnya, sebesar 34,4% merupakan pengaruh oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti.