ANALISIS SIKAP KONSUMEN BERDASARKAN ATRIBUT PRODUK SMARTPHONE IPHONE 5 MENGGUNAKAN MULTIATRIBUT FISHBEIN (Studi kasus pengguna Smartphone iPhone 5 pada pengunjung Bandung Elektronik Center)
Main Author: | Perwira, Farhan Syahid |
---|---|
Format: | bachelorthesis doc-type Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/784 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana sikap konsumen terhadap iPhone 5 serta mengidentifikasi atribut produk yang dinilai paling baik menurut konsumen untuk menggunakan iPhone 5. Penelitian ini dilakukan dengan metode riset kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan yaitu riset deskriptif yang dilakukan menganalisis satu variabel atau lebih, tanpa membuat perbandingan atau mengubungkan antara variabel yang satu dengan variabel yang lain. Hal - hal yang biasa digambarkan dalam riset deskriptif meliputi karakteristik pelanggan, perilaku pembelian, motivasi membeli, sikap konsumen, tingkat kepuasan dan sebagainya. Berdasarkan jangka waktu penelitian, metode yang digunakan adalah cross sectional studies karena penelitian ini dilaksanakan dalam waktu yang tidak berkesinambungan dan tidak panjang. Menurut hasil pengukuran sikap konsumen dengan menggunakan model sikap multiatribut Fishbein, menghasilkan sikap konsumen yang sangat baik pada produk iPhone 5. Atribut produk yang dianggap paling baik ada pada sisi fitur produk dengan jenis aplikasi yang ditawarkan oleh iPhone 5 menjadi penilaian yang paling tinggi. Sedangkan atribut produk yang dianggap paling buruk ada pada sisi kualitas produk dengan daya tahan baterai yang diniliai paling buruk oleh konsumen dari iPhone 5. Sehingga dapat disimpulkan bahwa fitur produk dari iphone 5 dapat menjadi pertimbangan dan dorongan terbesar konsumen dalam menggunakan iPhone 5. Saran yang direkomendasikan penulis adalah pihak perusahaan (Apple inc) harus memperhatikan atribut produk secara keseluruhan, karena untuk membuat suatu produk menjadi lebih sempurna adalah memperhatikan dari seluruh atributnya agar produk tersebut tidak memiliki kelemahan. Hal ini dapat menimbulkan sikap yang lebih postif lagi dari konsumen, karena konsumen akan semakin puas dan loyal terhadap produk tersebut. Kata kunci : Sikap Konsumen, iPhone 5, Atribut Produk, Multiatribut Fishbein ABSTRACT This study aims to identify and analyze how consumer attitudes towards the iPhone 5 as well as identifying the product attributes that are best assessed according to the consumer to use the iPhone 5. This study was conducted using quantitative research to the type of research used is descriptive research that is carried out to analyze one or more variables, without making comparisons or connects between one variable with another variable. Things that are commonly described in descriptive research includes customer characteristics, buying behavior, purchase motivation, consumer attitudes, satisfaction levels, and so on. Based on the period of the study, the method used is cross-sectional studies because these studies were not carried out in time and no longer sustainable. According to the measurement results using the model of consumer attitudes multiatribut Fishbein attitude, resulting in a very good consumer attitudes on the iPhone 5. Product attributes are considered the best there is on the side of the phone features, types of applications offered by the iPhone 5 being the highest rating. While the product attributes that are considered the worst there in terms of quality of products with the battery life is the worst diniliai by consumers of the iPhone 5. It can be concluded that the product features of the iPhone 5 could be the biggest consideration and urge consumers to use the iPhone 5. The proposed recommendation is the author of the company (Apple inc) should pay attention to the attributes of the product as a whole, due to make a product becomes more perfect is the notice of all its attributes so that the product does not have a weakness. This can lead to a more positive attitude more than consumers, because consumers will be more satisfied and loyal to the product. Keywords: Consumer Attitudes, the iPhone 5, Product Attributes, Multiatribut Fishbein