Pengaruh Motivasi Konsumen Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Asuransi Syariah (Takaful) di Kota Bandung (Studi Kasus PT Asuransi Takaful Keluarga)

Main Author: M, Dea Astriani
Format: bachelorthesis doc-type Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: , 2013
Online Access: http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/7805
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Kepuasan konsumen merupakan hal terpenting yang harus mampu dicapai di dunia bisnis, termasuk di dalamnya bisnis keuangan asuransi syariah. Dewasa ini industri keuangan asuransi syariah semakin bergairah seiring dengan semakin meningkatnya aware (kesadaran) masyarakat terhadap penggunaan bisnis secara syariah. Meningkatnya tren keuangan asuransi syariah di kalangan masyarakat membuat perusahaaan harus pintar dalam menemukan pokok permasalahan kenapa konsumen membeli produk asuransi syariah, karena konsumen tentu memiliki latar belakang motivasi kenapa mereka memutuskan untuk membeli produk asuransi syariah agar produk yang mereka beli mampu memberikan kepuasan kepada mereka. Oleh karena itu, penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana karakteristik konsumen pengguna jasa asuransi syariah dan juga mengetahui dan menganalisis motivasi rasional, emosional, dan islami baik secara simultan maupun parsial terhadap keputusan penggunaan jasa asuransi syariah (takaful keluarga) di Kota Bandung, dengan studi kasus PT Asuransi Takaful Keluarga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dan verifikatif dengan variabel bebas motivasi rasional (X1), motivasi emosional (X2), dan motivasi islami (X3) dan variabel terikat keputusan penggunaan jasa asuransi syariah (Y). Data primer dilakukan dengan observasi, wawancara, dan menyebarkan kuesioner kepada 83 sampel responden konsumen PT Asuransi Takaful Keluarga. Analisis data statistik menggunakan analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik; uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, dan uji normalitas. Sedangkan pengujian hipotesis menggunakan uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik konsumen berdasarkan jenis kelamin, status, dan pendidikan formal tidak mempengaruhi hasil penelitian karena target pasar PT Asuransi Takaful Keluarga ditujukan untuk jenis kelamin, status dan pendidikan formal apapun. Usia produktif memiliki peluang lebih besar dalam melakukan pembelian produk asuransi syariah. Pasar pegawai negeri/swasta dan wiraswasta memiliki pangsa yang lebih besar bagi perusahaan asuransi karena mereka mempunyai pekerjaan yang menghasilkan pendapatan setiap bulan sehingga mampu membayar polis asuransi yang telah ditentukan. Kemudian dari hasil penelitian yang diperoleh pada pengelompokkan responden berdasarkan pendapatan, segmentasi pasar PT Asuransi Takaful Keluarga berasal dari beragam kalangan hal ini dikarenakan terdapat berbagai macam produk asuransi yang ditawarkan dan dapat dipilih sesuai kemampuan konsumen. Kata Kunci : Motivasi Rasional, Motivasi Emosional, Motivasi Islami, Keputusan Penggunaan Jasa