Students Preference In Choosing University Using Conjoint Analysis
Main Author: | Adam, Fadli |
---|---|
Format: | bachelorthesis doc-type Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/7720 |
Daftar Isi:
- Perkembangan dunia pendidikan yang terus meningkat menyebabkan semakin banyaknya jumlah universitas yang ada di Indonesia dan siap untuk menampung lulusan SMA. Untuk memenangkan persaingan dalam mendapatkan calon mahasiswa, pihak universitas harus mengetahui preferensi dari konsumen mereka. Preferensi konsumen diartikan sebagai tahap dimana seseorang menyukai suatu produk atau jasa tertentu dibandingkan produk atau jasa lain. Preferensi konsumen pada penelitian ini menggunakan tiga atribut jasa yang mewakili preferensi calon mahasiswa (kualitas, ketersediaan, dan harga). Penelitian ini menggunakan analisis konjoin yang merupakan suatu metode analisis multivariat yang membantu mendapatkan kombinasi atau komposisi atribut-atribut dari suatu produk dengan tingkatan atau levelnya masing-masing. Pada penelitian ini atribut kualitas memiliki sub atribut (kualitas tenaga pengajar, kualitas dari lulusan, reputasi dari institusi), atribut ketersediaan (ketersediaan jurusan, ketersediaan fasilitas belajar, ketersediaan fasilitas tambahan), atribut harga (biaya perkuliahan, biaya hidup, biaya tambahan). Penyebaran kuesioner dilakukan kepada 100 mahasiswa di 5 universitas swasta di bandung. Dengan menggunakan metode simple random sampling. Uji signifikansi dan predictive accuracy dari hasil kuesioner menunjukan hasil yang baik. Hasil analisis konjoin menunjukkan bahwa atribut yang memiliki nilai kepentingan relatif (relative importance) tertinggi adalah atribut ketersediaan (34,5%), peringkat kedua adalah atribut kualitas (33,1%) dan peringkat ketiga adalah atribut harga (32,3%). Kombinasi atribut preferensi mahaiswa dalam memilih universitas yaitu kualitas lulusan yang baik, ketersediaan fasilitas belajar yang lengkap, serta biaya perkuliahan yang murah. Kata Kunci : Preferensi, Atribut Produk, Pendidikan Tinggi, Analisi Konjoin Pembimbing Skripsi : Popy Rufaidah, S.E., M.B.A., Ph.D. Penelaah Skripsi : Adhi Prapaskah Hartadi, SE., MBA