PENGARUH PERSEPSI RISIKO DAN KEPERCAYAAN TERHADAP NIAT PEMBELIAN ONLINE (STUDI PADA PENGGUNA OLX.CO.ID)
Main Author: | Harjadinata, Faris Athif |
---|---|
Format: | bachelorthesis doc-type Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Online Access: |
http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/7664 |
Daftar Isi:
- Kepercayaan merupakan salah satu faktor terpenting dalam proses berbelanja online. Persepsi risiko dalam belanja online dinilai memiliki pengaruh pada niat seseorang untuk melakukan pembelian online. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh persepsi risiko dan kepercayaan konsumen pada online purchase intention seseorang dalam belanja online. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode kuantitatif. Analisis korelasi Pearson dan regresi linear digunakan untuk menganalisa bagaimana hubungan antara persepsi risiko, kepercayaan, dan niat pembelian online. Penelitian ini dilakukan kepada 100 orang responden yang akan dan telah melakukan pembelian online. Hasil yang diperoleh menyatakan bahwa sebagian besar responden memiliki tanggapan yang positif pada beberapa pernyataan yang diajukan terkait persepsi risiko dan kepercayaan. Dari masing-masing hasil analisisnya, persepsi risiko memiliki pengaruh sebesar 38,5% dan kepercayaan memiliki pengaruh sebesar 17,3% terhadap niat pembelian online. Namun, dalam proses belanja online, unsur ketidakpastian tidak dapat terlepas begitu saja. Hal tersebut yang menjadi faktor kendala dalam pembentukan niat pembelian online. Dengan demikian, salah satu hal yang perlu dilakukan adalah dengan meningkatkan kepercayaan dan mereduksi kemungkinan adanya risiko yang dapat muncul dalam kegiatan belanja online.