PENGARUH SHOPPING ORIENTATION TERHADAP ONLINE PURCHASE INTENTION
Main Author: | S, Hendro B |
---|---|
Format: | bachelorthesis doc-type Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2013
|
Online Access: |
http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/7650 |
Daftar Isi:
- Seiring dengan bertambahnya pengguna internet dan pembeli online / online buyer diseluruh dunia, maka perusahaan-perusahaan yang memiliki webstore atau onlinestore juga semakin gencar dalam mencari strategi-strategi baru dalam memasarkan produk secara online.Disamping itu, perusahaan juga didapati perlu untuk memahami benak dari konsumen untuk mengetahui keinginannya. Oleh sebab itu perusahaan melakukan consumer analysis dengan tujuan untuk memahai karakter konsumennya sehingga dapat membuat suatu forecasting terhadap tindakan yang mungkin akan dilakukan oleh konsumen. Salah satu bagian penting dari karakter konsumen yaitu Shopping Orientation.Melalui penelitian terhadap Shopping Orientation dapat diketahui seberapa besara pengaruhnya dalam menentukan Online Purchase Intention. Berdasarkan pemaparan tersebut, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari Shopping Orientation terhadap Online Purchase Intention, dan juga untuk mengidentifikasi construct mana dari Shopping Orientation yang paling berpengaruh terhadap Online Purchase Intention.Metode yang digunakan adalah deskriptif eksplanatori dan verifikatif.Shopping Orientation memiliki dimensi yang menjadi variabel independen dalam penelitian ini yaitu Impulse Purchase Orientation, Quality Orientation, Shopping Enjoyment Orientation, Brand Orientation, dan Convenience Orientation. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan media survey terhadap 100 responden yaitu mahasiswa S1 Unpad yang pernah melakukan online purchase melalui kuesioner. Skala yang digunakan adalah Skala Likert. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa ImpulsePurchaseIntention, ShoppingEnjoymentOrientation, Quality Orientation, dan Convenience Orientation berpengaruh positif terhadap Online Purchase Intention. Ditemukan juga bahwa Convenience Orientation merupakan construct yang paling besar pengaruhnya terhadap Online Purchase Intention.