ANALISIS PERILAKU KONSUMEN MUSLIM GENERASI MILENIAL TERHADAP KESEDIAAN MEMBAYAR (WILLINGNESS TO PAY) PRODUK MAKANAN DAN MINUMAN HALAL
Main Author: | Putri, Nike Anita |
---|---|
Format: | bachelorthesis doc-type Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Online Access: |
http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/7153 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi kesediaan Generasi Milenial untuk membayar (willingness to pay) produk makanan dan minuman halal dan untuk mengetahui pengaruh kesediaan membayar produk halal terhadap permintaan sertifikasi halal. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel pada penelitian ini adalah 495 orang Muslim Generasi Milenial yaitu yang berusia 18–36 tahun di Indonesia yang diambil secara convenience sampling/accidental sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis dengan Partial Least Square – Structural Equation Modelling (PLS–SEM) menggunakan aplikasi SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor seperti kepedulian halal, sikap, religiusitas, dan komposisi produk berpengaruh signifikan terhadap kesediaan membayar, sedangkan persepsi proses yang halal dan norma subjektif tidak berpengaruh signifikan terhadap kesediaan membayar. Selain itu, variabel kesediaan membayar berpengaruh signifikan terhadap permintaan sertifikasi halal.