Pengaruh Iklan Televisi Bakmi Mewah Terhadap Keputusan Pembelian

Main Author: Hermina, Dini
Format: bachelorthesis doc-type Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/6709
Daftar Isi:
  • Iklan adalah adalah segala bentuk terbayar dari presentasi non personal dan promosi ide, barang, atau jasa melalui sponsor yang jelas. Sebagai produk bakmi instan pertama di Indonesia yang menyajikan daging ayam dan jamur asli, Bakmi Mewah menggunakan iklan televisi sebagai media komunikasinya. Iklan televisi memiliki kelebihan yaitu dapat menjangkau seluruh masyarakat secara luas dalam sekali penayangannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana pengaruh iklan televisi Bakmi Mewah terhadap keputusan pembelian konsumen masyarakat Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan dimensi dari lima keputusan dalam periklanan untuk variabel iklan televisi, yaitu mission, money, message, media, dan measurement. Sementara untuk variabel keputusan pembelian digunakan dimensi dari enam pertimbangan dalam melakukan keputusan pembelian, yaitu product choice, brand choice, dealer choice, purchase amount, purchase timing, dan payment method. Setelah dilakukan pengumpulan dan pengolahan data, diperoleh hasil persamaan model regresi linier Y=1,511+0,701X. Besar koefisien determinasi yang dihasilkan adalah 0,384 atau 38,4%, yang menunjukkan bahwa pengaruh iklan televisi terhadap keputusan pembelian adalah sebesar 38,4%. Didapatkan juga hasil uji t dan uji signifikan bahwa iklan televisi berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian.