PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN MUTU (SMM) ISO 9001:2008 PADA BAGIAN INCOMING EXPRESS MAIL SERVICE (EMS), KILAT KHUSUS, DAN POS EKSPRES DI MAIL PROCESSING CENTER (MPC) BANDUNG 40400 PT. POS INDONESIA (PER
Main Author: | Fahrurozi, Muhamad |
---|---|
Format: | bachelorthesis doc-type Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/6467 |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 pada bagian incoming EMS, kilat khusus, dan pos ekspres di Mail Processing Center (MPC) Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif-deskriptif dengan pengolahan data primer hasil dari wawancara dengan manajer terkait dan kuesioner kepada sampel karyawan yang menjadi ruang lingkup penerapan ISO 9001:2008. Analisis kinerja sebelum dan sesudah penerapan ISO 9001:2008 menggunakan uji tanda. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa : (1) Tujuh prinsip Total Quality Management (TQM) telah diterapkan; (2) Permasalahan yang ditemukan selama penerapan ISO 9001:2008 diantaranya masih terdapat karyawan yang tidak disiplin dalam pencatatan dokumen, terdapat ketimpangan antara database lokal dan nasional, serta terjadinya salah salur kiriman barang; (3) Terdapat perbedaan kinerja sebelum dan sesudah penerapan ISO 9001:2008.