Pengaruh Economic Value Added dan Market Value Added Terhadap Return Saham pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017
Main Author: | Wahyuni, Isthie Sri |
---|---|
Format: | bachelorthesis doc-type Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Online Access: |
http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/5688 |
Daftar Isi:
- Kinerja pasar modal yang tercermin dalam IHSG pada tahun 2018 menjadi yang terburuk dalam tiga tahun terakhir. Hal ini cukup menjadi pertimbangan para investor untuk menentukan ke perusahaan mana sebaiknya dana yang dimiliki diinvestasikan agar bisa mendapat return yang diharapkan. Investor memerlukan alternatif teknik analisa laporan keuangan yang lebih dapat mencerminkan kinerja perusahaan yang sebenar – benarnya, oleh karena itu para investor dapat menganalisis pengukuran kinerja perusahaan dengan menggunakan Economic Value Added (EVA) and Market Value Added (MVA). Penelitian ini menggunakan analisis regresi data panel dengan common effect model sebagai model estimasi datanya. Dari 36 perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di BEI tahun 2013 hingga 2017, terpilih 27 perusahaan sebagai sampel penelitian dengan metode purposive sampling. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder, berupa laporan keuangan perusahaan dan informasi dari web bursa efek dan IDN financials. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel EVA and MVA mempengaruhi return saham secara positif dan signifikan baik secara parsial maupun simultan, dengan koefisien determinasi sebesar 0,48177 yang berarti bahwa variabel EVA dan MVA mampu menjelaskan variabel return saham sebesar 48,2%, sisanya sebesar 51,8% dijelaskan oleh variabel lain di luar penelitian ini.