Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) dan Earning Response Coefficient (ERC) terhadap Nilai Perusahaan dengan Pertumbuhan Laba sebagai Variabel Moderating
Main Author: | Marbun, Fourthynawati |
---|---|
Format: | bachelorthesis doc-type Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/5231 |
Daftar Isi:
- Tujuan utama perusahaan adalah untuk meningkatkan nilai perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji bagaimana pengaruh implementasi Corporate Social Responsbility (CSR) dan Earning Response Coefficient (ERC) yang menggambarkan kualitas laba terhadap nilai perusahan. Variabel yang diuji dalam penelitian ini terdiri dari nilai perusahaan yang diukur dengan rasio Tobin`s Q, implementasi CSR yang diukur dengan pengungkapan implementasi sesuai dengan standar Global Reporting Initiative (GRI), ERC, dan pertumbuhan laba sebagai variabel moderasi. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur di industri dasar dan kimia yang listing di BEI pada tahun 2010-2013. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dalam menentukan jumlah sampel yang digunakan dan diperoleh 31 perusahaan yang digunakan sebagai sampel. Model regresi berganda dan statistik deskriptif digunakan untuk analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial implementasi CSR dan ERC tidak mempengaruhi secara signifikan terhadap nilai perusahaan. Tetapi pertumbuhan laba berhasi menjadi variabel moderasi yang mempengaruhi hubungan antara implementasi CSR dan ERC dengan nilai perusahaan. Sedangkan secara simultan, implementasi CSR dan ERC secara bersama-sama dapat mempengaruhi nilai perusahaan.