Pengaruh Reputasi Underwriter, Ukuran Penawaran, Return on Equity, dan Ukuran Perusahaan terhadap tingkat Underpricing pada saat Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia periode 2009-2012

Main Author: R, Firda Amalia
Format: bachelorthesis doc-type Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: , 2013
Online Access: http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/4827
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji faktor-faktor yang diduga mempengaruhi underpricing. Pada saat IPO ada kecenderungan bahwa underpricing bisa terjadi. Underpricing adalah keadaan dimana harga saham IPO lebih rendah dibandingkan ketika diperdagangkan di pasar sekunder. Faktor-faktor yang diprediksi mempengaruhi fenomena underpricing adalah reputasi underwriter, ukuran penawaran, return on equity, dan ukuran perusahaan. Sumber data diperoleh dari prospektus perusahaan. Berdasarkan data yang diperoleh terdapat 83 perusahaan yang go public pada tahun 2009-2012 dan 55 perusahaan yang dipilih sebagai sampel menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria saham underpriced. Perusahaan keuangan, lembaga keuangan dan perusahaan underwriter tidak dimasukkan ke dalam sampel. Analisis data menggunakan regresi linier berganda untuk menguji hubungan antara underpricing dengan reputasi underwriter, ukuran penawaran, return on equity, dan ukuran perusahaan. Hasil analisis regresi secara parsial menunjukkan reputasi underwriter dan return on equity berpengaruh negatif dan signifikan terhadap tingkat underpricing. Ukuran penawaran berpengaruh negatif tetapi tidak signifikan terhadap tingkat underpricing. Sedangkan, ukuran perusahaan tidak berpengaruh negatif dan signifikan terhadap tingkat underpricing.