PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DALAM PEMBUATAN KARTU TANDA PENDUDUK ELEKTRONIK (e-KTP) DI KECAMATAN KRAMATWATU KABUPATEN SERANG
Main Author: | Hermawan, Dadan |
---|---|
Format: | bachelorthesis doc-type Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2012
|
Online Access: |
http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/39064 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Penelitian ini mengajukan masalah tentang bagaimana persepsi masyarakat terhadap kualitas Pelayanan Publik dalam pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e - KTP) di kecamatan Kramat Watu Kabupaten Serang sebagai pilot project dari pelaksanaan pembuatan e-KTP di Kabupaten Serang. Dulu acap kali tersiar kabar bahwa pelayanan dan proses pembuatan KTP amat rumit, bertele-tele, mahal, memakan waktu lama dan susah. Setiap orang harus menempuh jalur birokrasi yang panjang mulai dari tingkat RT/RW hin gga kecamatan hanya untuk mendapatkan KTP, selain itu tidak jarang masyarakat yang memiliki dua KTP atau lebih di tempat yang berbeda. Fakta ini menunjukan indikasi kuat adanya persepsi negatif dari masyarakat mengenai pelayanan pembuatan KTP. e- KTP merupakan terobosan dalam menyelesaikan permaslahan kependudukan di Indonesia, produk -produk hukum dan reformasi birokrasi menyangkut pelayanan pembuatan e - KTP mengharuskan beberapa perubahan seperti waktu yang singkat, gratis , mudah dan sederhana. Untuk mengetahui sejauh mana persepsi masyarakat mengenai kualitas pelayanan e-KTP berubah atau bergeser , penelitian ini menjadi penting untuk dilakukan. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Kramat Watu Kabupaten Serang dimana pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan maksud memberikan gambaran (deskriftif kuantitatif) bagaimana persepsi masyarakat terhadap kualitas pelayanan publik dalam pembuatan e -KTP di Kecamatan Kramat Watu Kabupaten Serang. Metode penelitian ini adalah survei dengan metode pengumpulan data menggunakan kuisioner. Analisis Kuantitatif yang digunakan adalah distribusi frekuensi. Dari hasil distribusi frekuensi yang telah dikategorikan diperoleh hasil persepsi kualitas pelayanan yang paling tinggi adalah pada kategori baik (83%), kemudian urutan kedua adalah kategori sanagat bai k (9%), dan kategori kurang baik (8%), sedangkan yang berkategori tidak baik adalah (0%). Keadaan ini memperlihatkan bahwa masyarakat sudah puas dengan pelayanan yang ada dalam pembuatan e-KTP di kabupaten serang kecamatan Kramat Watu, namun tentu saja ada masih banyak hal yang harus tetap ditingkatkan yaitu peningkatan profesionalisme dan menjaga agar tidak terjadi penyimpangan administrasi (maladministrasi) seperti seringkali terjadi pada produk pel ayanan pemerintahan yang lainnya.