DESAIN JENJANG LERENG STABIL PADA HIGHWALL DAN LOWWALL BERDASARKAN METODE PROBABILISTIK PADA PIT INUL LIGNITE NORTH, PT. KALTIM PRIMA COAL, SANGATTA, KALIMANTAN TIMUR
Main Author: | Manik, Vito Aristo |
---|---|
Format: | bachelorthesis doc-type Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Online Access: |
http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/38911 |
Daftar Isi:
- Kestabilan lereng menjadi hal yang sangat penting dalam kegiatan penambangan. Oleh karena itu, pemilihan metode terbaik dalam menilai keamanan desain lereng perlu diperhatikan dengan baik. Penelitian ini dilaksanakan di Pit Inul Lignite North, PT. Kaltim Prima Coal, Sangatta, Kalimantan Timur. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui kestabilan lereng Highwall dan Lowwall pada Pit Inul Lignite North serta memberikan rekomendasi desain berupa revisi dan optimasi berdasarkan nilai FK dan PK yang diperoleh. Analisis kestabilan lereng dilakukan dengan perangkat lunak SLIDE V 7.00 dengan metode kesetimbangan batas Morgenstern-Price. Metode probabilistik juga diterapkan pada penelitian ini. Uji Goodness of Fit menggunakan metode Anderson Darling (A-D) dan metode sampling menggunakan metode Monte Carlo. Hasil analisis menunjukkan bahwa desain lereng Highwall pada section S1_PIT, S2, dan S4_PIT pada lokasi penelitian tidak stabil dengan nilai FK 0%. Redesain dilakukan pada lereng Highwall section S1_PIT dengan melebarkan berm pada elevasi RL 38 sampai RL -110 menjadi 20 m. Pada lereng Highwall section S2 dilakukan redesain dengan melebarkan berm pada elevasi RL -115 sampai RL -125 menjadi 25 m dan pada elevasi RL 50 sampai RL -40 menjadi 30 m. Redesain pada lereng Highwall section S4_PIT dilakukan dengan melebarkan berm pada elevasi RL -10 sampai RL -60 menjadi 17 m. Pada desain lereng Lowwall, melalui hasil analisis ditemukan ketidakstabilan pada section S11 dengan nilai FK 0%. Redesain pada lereng Lowwall section S11 dilakukan dengan mengupas lereng pada elevasi RL -72 sampai RL -100 dengan target seam A8LR.