PENGEMBANGAN PRODUK TEPUNG HANJELI (Coix lacryma-jobi L.)DENGAN PENDEKATAN LEAN STARTUP PADA BISNIS HANJELI BAKERY

Main Author: Siahaan, Petrus
Format: bachelorthesis doc-type Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Online Access: http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/37728
Daftar Isi:
  • Minimnya pasar terhadap Hanjeli menunjukkan perlu adanya pengembangan produk untuk membuka pasar Hanjeli di Indonesia, sehingga juga meningkatkan minat petani dalam menanam tanaman tersebut. Perintisan bisnis Hanjeli Bakery yang bergerak pada pengolahan tepung Hanjeli menjadi berbagai macam produk Bakery yang menjadi salah satu cara dalam penyerapan pasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengebangkan produk olahan tepung Hanjeli yang dilakukan secara iterasi sehingga menghasilkan produk turunan bakery yang diterima oleh masyarakat. Penelitian ini dilakukan di Jatinangor kec. Sumedang, Jawa Barat pada bulan Juli sampai bulan april 2019 dengan pendekatan Lean Startup yang memiliki siklus Build-Measure-Learn (BML) dalam tahapannya dan mengumpulkan data dari responden berupa kritik, saran dan penilaian dan melakukan Minimum Viable Product (MVP) yang dibantu dengan Lean canvas untuk menjadi acuan dalam pengembangan produk. Hasil penelitian yang didapat menunjukkan bahwa bisnis Hanjeli Bakery menghasilkan produk turunan hanjeli yang mulai diterima masyarkat, dan bisnis Hanjeli Bakery harus terus melakukan pendekatan ini untuk menghasilakan nilai tambah produk dan produk yang lebih baik lagi sehingga produk semakin diterima dikalangan masyarakat. Kesimpulan hasil pendekatan lean Start up melalui proses evaluasi Minimum Viable Product (MVP) produk turunan hanjeli yang memiliki peluang untuk dikembangkann dalam dunia bisnis adalah pudding brownies hanjeli dan brownies hanjeli.