IDENTIFIKASI PENGETAHUAN KONSUMEN TERHADAP GREEN PACKAGING PRODUK TEH DALAM KEMASAN (Suatu Kasus di Yogya Departement Store Riau Junction Bandung)

Main Author: Noor, Ahmad Naufan
Format: bachelorthesis doc-type Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: , 2013
Online Access: http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/371
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSI Dewasa ini akibat dari kesadaran masyarakat akan lingkungan sedikit demi sedikit telah merubah pola konsumsi masyarakat akan produk yang berorientasi ramah lingkungan atau yang biasa disebut green consumerism. Green consumerism adalah kelanjutan dari gerakan konsumerisme global yang dimulai dengan adanya kesadaran konsumen akan hak-haknya untuk mendapatkan produk yang layak, aman, dan produk yang ramah lingkungan (environment friendly) yang semakin kuat. Selanjutnya, produk yang diinginkan bukan yang benar-benar hijau, namun mengurangi tingkat kerusakan yang ditimbulkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengetahuan konsumen tentang green packaging, untuk mengetahui apakah pengetahuan konsumen tentang green packaging sudah berkorelasi dengan pengetahuan mereka tentang pelestarian lingkungan, dan untuk mengetahui konsumen tingkat manakah yang sudah berorientasi terhadap green packaging dalam proses pembelian teh siap minum dalam kemasan. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan Systematic Random Sampling kepada 60 responden yang berlokasi pada Yogya Departement Store Riau Junction. Perhitungan pada skripsi ini menggunakan korelasi Spearman untung mengetahui korelasi antara pengetahuan konsumen tentang ramah lingkungan dengan green packaging. Penelitian ini juga menggunakan tabulasi silang dan analisis bivariat untuk mengetahui tingkatan konsumen berdasarkan jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan, penghasilan, dan umur. Hasil analisis menunjukkan minimnya pengetahuan konsumen terhadap green packaging, tidak adanya korelasi antara pengetahuan green packaging dengan ramah lingkungan, dan tingkatan konsumen yang sudah berorientasi terhadap green packaging umumnya berada pada kelas menengah ke atas. Implikasi utamanya adalah perusahaan dan pemerintah harus mengadakan penyuluhan untuk mengembangkan pengetahuan konsumen terhadap green packaging. Kata Kunci :Pengetahuan Green Packaging, Korelasi Pengetahuan, Tingkatan Konsumen ABSTRACT Today the result of public awareness of the environment little by little has changed consumption patterns will be environmentally oriented products or so-called green Consumerism. Green Consumerism is a continuation of global consumerism movement that began with the consumer awareness of their rights to get a decent product, safe, and environmentally-friendly products (environment friendly) is getting stronger. Furthermore, the desired product is not really green, but reduces the level of damages. This study aims to determine how consumer knowledge about green packaging, to determine whether consumer knowledge about green packaging has been correlated with their knowledge of environmental conservation, and to determine what level consumers are already oriented towards green packaging in the purchasing process of bottled tea ready. Methods of data collection in this study using the Systematic Random Sampling to 60 respondents Yogya Department Store located at Riau Junction. Calculations in this paper using Spearman correlation fortunately the correlation between consumer knowledge about environmentally friendly with green packaging. This study also uses cross-tabulations and bivariate analysis to determine the level of consumers by gender, education, occupation, income, and age. The analysis revealed the lack of knowledge of consumers towards green packaging, no correlation between knowledge of green with eco-friendly packaging, and consumer levels are generally oriented towards green packaging are in the upper middle class. The main implication is the company and the government should conduct counseling to develop consumer knowledge of green packaging. Keywords: Knowledge Green Packaging, Correlation Knowledge, Consumer Rankings