Strategi Penetrasi Penggunaan Internet Pada Usaha Kecil Menengah Agroindustri Dalam Upaya Peningkatan Mutu Pelaksanaan E-commerce
Main Author: | Putri, Ananty Kurnillah |
---|---|
Format: | bachelorthesis doc-type Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Online Access: |
http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/36647 |
Daftar Isi:
- Penggunaan internet di era globalisasi saat ini berkembang sangat pesat, dikarenakan internet merupakan alat dan cara untuk memudahkan manusia dalam bekerja dan mencari informasi. Internet merupakan salah satu kebutuhan bagi masyarakat Indonesia saat ini, terlebih lagi jika diterapkan ke dalam pengembangan usaha di UKM dikarenakan memudahkan pelaku usaha dalam mempublikasikan produk, memasarkan, bereksplorasi, maupun berkomunikasi dengan konsumen. Oleh karena itu UKM di Indonesia sebaiknya menerapkan penggunaan internet dalam membantu berbagai kegiatan guna mempercepat pertumbuhan demi mencapai keunggulan kompetetif. Pada penelitian ini dilakukan analisa terlebih dahulu mengenai perilaku dan karakteristik dari pelaku usaha maupun konsumen menggunakan metode survei dengan kuesioner, yang mana penentuan sampel populasi sebanyak 30 orang pelaku usaha menggunakan purposif sampling dan 230 orang konsumen menggunakan slovin. Metode survei dilakukan untuk mendapatkan faktor internal yaitu kekuatan dan kelemahan dari perusahaan serta faktor eksternal yaitu ditinjau dari peluang dan ancaman dari konsumen yang kemudian akan diterapkan ke dalam metode SWOT untuk pemetaan dan penentuan strategi dalam upaya peningkatan mutu pelaksanaan e-commerce. Dari strategi yang didapatkan diharapkan dapat lebih meningkatkan mutu dalam pelaksanaan e-commerce yang akan diterapkan di dalam UKM guna untuk membantu dan memudahkan berbagai kegiatan.