Gambaran Perilaku Caring Perawat Yang Dipersepsikan Oleh Perawat dan Pasien di IGD (Instalasi Gawat Darurat) RSUD dr. Slamet Garut
Main Author: | Lestary, Mia Vauziah |
---|---|
Format: | bachelorthesis doc-type Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/35634 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Berdasarkan profil keperawatan di IGD beban kerja dengan karaktristik yang harus cepat, tanggap, dan aman jadi seringkali perilaku caring perawat tidak di lakukan hal tersebut dapat menimbulkan ketidak seimbangan antara jumlah perawat dan jumlah pasien yang datang ke IGD dr. Slamet Garut, dapat mengakibatkan berkurangnya perilaku caring perawat terhadap pasien. Padahal pasien yang masuk ke IGD dr. Slamet Garut sangatlah membutuhkan perilaku caring perawat, sesuai dengan kondisi pasien IGD dr. Slamet Garut yang memerlukan pertolongan yang cepat, tepat, segera, dan cermat agar terhindar dari kematian ataupun kecacatan, tidak hanya kebutuhan fisik, pasien juga membutuhkan dukungan psikologis yang terdapat pada perilaku caring perawat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran perilaku caring perawat yang dipersepsikan oleh perawat dan pasien di Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD dr. Slamet Garut. Jenis metode ini adalah kuantitaf deskriptif dengan metode pengambilan sample yang dilakukan secara total sampling untuk perawat di IGD dr. Slamet Garut dan purposive sampling untuk pasien di IGD dr. Slamet Garut. Jumlah sample yang diambil untuk perawat 48 orang dan untuk pasien 94 orang. Instrumen yang digunakan adalah Caring Behaviors Inventory (CBI) dengan analisa data distributif frefekuensi. Hasil penelitian menunjukan perilaku caring perawat yang dipersepsikan oleh pasien menunjukan perilaku caring perawat yang baik yaitu 1 orang (1.1%), yang sedang yaitu 67 orang (71.3%) dan yang kurang 26 orang (27.7%), sedangkan untuk perilaku caring perawat yang dipersepsi oleh perawat menunjukan perilaku caring yang baik 16 orang (33.3%), yang sedang hanya 21 orang (43.8%) dan untuk yang kurang 11 orang (22.9%). Hasil penelitian menunjukan prilaku caring perawat menurut dari persepsi pasien lebih rendah di bandingkan perilaku caring perawat dari persepsi perawat. Kesimpulannya dari hasil penelitian ini menyatakan bahwa terdapat perbedaan yang cukup jauh antara perbandingan perilaku caring perawat yang dipersepsikan perawat dan pasien, oleh karena itu pihak RSUD dr. Slamet Garut harus mengevaluasi dan memperbaiki pelayanan keperawatan dengan cara perawat harus memberikan penjelasan atau pendidikan tentang perilaku caring perawat kepada pasien dan keluarga. Kata Kunci : Pasien, Perawat, Perilaku Caring Kepustakaan : 23, 2001 – 2018