Pengetahuan dan Tingkat Cultural Competence pada Mahasiswa Program Profesi Ners Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran

Main Author: Muham, Gian Rasyiddin
Format: bachelorthesis doc-type Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/35499
Daftar Isi:
  • Cultural competence merupakan salah satu aspek penting yang harus dimiliki oleh mahasiswa profesi untuk mewujudkan asuhan keperawatan peka budaya. Proses pembelajaran mengenai keperawatan peka budaya sudah dijalankan namun tidak ada pengukuran spesifik tentang tingkat cultural competence pada mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengetahuan dan tingkat cultural competence pada mahasiswa program profesi Ners Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran. Rancangan penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional yang dilakukan pada mahasiswa program profesi Ners Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran angkatan 34 dan 35 (tingkat partisipasi 95,7%) dengan teknik total sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner pengetahuan, dan kuesioner Inventory for Assessing the Process of Cultural Competency among Healthcare Professionals-Revised (IAPCC-R) (nilai validitas r = 0,408-1,00 dan alfa Cronbach 0,683). Data dianalisis menggunakan analisis univariat (distribusi frekuensi). Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar responden memiliki pengetahuan rendah (77,4%) dan tingkat cultural competence pada level culturally aware (87,4%). Pengetahuan dan tingkat cultural competence pada mahasiswa program profesi Ners Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran masih rendah, sehingga diharapkan adanya intergrasi yang berkesinambungan antara learning outcome dan topik cultural competence pada setiap RPS mata kuliah keperawatan.