SIKAP MAHASISWA PROFESI RUMPUN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS PADJADJARAN TERHADAP INTERPROFESSIONAL EDUCATION (IPE)
Main Author: | Haqiqi, Mukimah Dieni |
---|---|
Format: | bachelorthesis doc-type Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/35479 |
Daftar Isi:
- Calon profesional kesehatan disiapkan untuk bekerjasama secara lintas disiplin melalui pembelajaran secara interdisiplin. Interprofessional Education (IPE) merupakan suatu metode pembelajaran dalam proses pendidikan untuk persiapan praktik kolaborasi atau collaboration practice-ready. Pada mahasiswa program studi profesi tidak mendapatkan pembelajaran mengenai IPE, tetapi langsung bekerjasama dengan profesi kesehatan lainnya. Dalam tahap pekembangan interprofessional education (IPE) membutuhkan sikap, keinginan, dan keyakinan individu untuk bekerjasama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sikap mahasiswa profesi rumpun ilmu kesehatan Universitas Padjadjaran terhadap Interprofessional Education (IPE). Penelitian deskriptif kuantitatif ini dilakukan dengan pengambilan sampel sebanyak 307 mahasiswa yang dipilih berdasarkan teknik pengumpulan data secara online melalui email dengan teknik response rate 30% (n=307). Penelitian ini menggunakan kuesioner The Nebraska Interprofessional Education Attitudes Scale dari G. Dallaghan et al tahun 2016 dan di analisis menggunakan statistik deskriptif berupa nilai mean dan standar deviasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sikap mahasiswa profesi rumpun ilmu kesehatan Universitas Padjadjaran terhadap Interprofessional Education (IPE) memiliki sikap positif terhadap IPE sebanyak 162 (52.8%) dan sikap negatif terhadap IPE 145 (47.2%). Hasil sikap mahasiswa terhadap IPE berdasarkan komponen menunjukan bahwa pada semua fakultas memiliki sikap yang positif pada komponen pendekatan tim terhadap perawatan kesehatan, resepsivitas terhadap tim, keefektifan diri sebagai anggota tim, dan etika dalam perawatan kesehatan. Simpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa sikap mahasiswa profesi rumpun ilmu kesehatan Universitas Padjadjaran terhadap Interprofessional Education (IPE) sebagian besar memiliki sikap positif terhadap IPE. Sikap positif terhadap IPE merupakan sikap yang mendukung terhadap IPE. Sehingga mahasiswa sudah memiliki kesiapan terhadap penerapan Interprofessional Education (IPE) di Universitas Padjadjaran.