GAMBARAN FAKTOR-FAKTOR YANG MELATARBELAKANGI PERILAKU ADIKSI BERMAIN GAME ON LINE PADA ANAK USIA SEKOLAH DI WARUNG INTERNET PENYEDIA GAME ONLINE KECAMATAN JATINANGOR SUMEDANG
Main Author: | H, Harvien Amellia |
---|---|
Format: | bachelorthesis doc-type Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2013
|
Online Access: |
http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/34947 |
Daftar Isi:
- Adiksi bermain game online merupakan aktivitas bermain yang dilakukan secara berlebihan dan cenderung mengganggu kehidupan sehari-hari. Kecamatan Jatinangor Sumedang memiliki angka adiksi bermain game online yang tinggi pada sebagian besar anak usia sekolah yang bermain di warung internet penyedia game online. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui gambaran faktor-faktor yang melatarbelakangi perilaku adiksi bermain game online pada anak usia sekolah. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan teknik konsekutif dengan 52 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan 51 butir pertanyaan. Analisa data menggunakan skor T dan dipresentasikan pada setiap sub variable. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor motivasi dan atraksi bermain game online memberikan persentasi yang tinggi pada sebagian responden. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa faktor motivasi memberikan persentasi yang tinggi dalam melatarbelakangi perilaku adiksi bermain game online pada anak usia sekolah yang terlihat pada sub komponen kompetisi, hubungan, dan keunikan. Oleh karena itu, diperlukan penanganan baik dalam mengatasi dan mencegah adiksi bermain game online baik dari keluarga, sekolah, dan pihak kesehatan terkait, seperti konseling menggunakan teknik manajemen diri, family therapy dan social groups. Kata kunci: Adiksi, anak usia sekolah, atraksi bermain, game online, motivasi bermain.