GAMBARAN PERKEMBANGAN PSIKOSOSIAL ANAK PRASEKOLAH (4-6 TAHUN) DESA CIPACING KECAMATAN JATINANGOR KABUPATEN SUMEDANG

Main Author: R, Irtanty Nur
Format: bachelorthesis doc-type Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: , 2013
Online Access: http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/34911
Daftar Isi:
  • Perkembangan yang menjadi isu penting pada masa prasekolah yaitu perkembangan psikososial. Hal ini dikarenakan anak memasuki masa peka terhadap lingkungan sosialnya. Pengasuhan yang dilakukan oleh orangtua dan perilaku yang ditunjukan oleh lingkungan sekitarnya berpengaruh kepada perkembangan psikososial anak. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengidentifikasi perkembangan psikososial anak prasekolah di Desa Cipacing Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif. Penelitian dilakukan terhadap 261 anak berusia 4-6 tahun. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner PSC-17 (Pediatric Symptom Checklist) yang diberikan kepada orangtua untuk menggambarkan tindakan nyata anaknya dalam bentuk skor total, skor 0,1, dan 2 untuk jawaban tidak pernah, kadang-kadang, dan sering. Berdasarkan hasil penelitian, sebagian kecil dari responden (26,4%) mengalami gangguan psikososial, yang paling banyak adalah gangguan perilaku eksternal (36,8%) dengan memperlihatkan sikap agresif kepada temannya seperti bertengkar dan menggoda temannya. Perekembangan psikososial anak prasekolah membutuhkan peranan orang tua dan lingkungan yang memberi contoh teladan bagi mereka. Implikasi dari penelitian ini untuk praktik keperawatan khususnya keperawatan anak dan komunitas, dapat memperhatikan perkembangan anak prasekolah dalam aspek psikososial. Penelitian ini juga diharapkan dapat berguna bagi penelitian selanjutnya dalam meningkatkan perkembangan psikososial anak agar menjadi lebih optimal.