TINGKAT KEPUASAN MILENIAL DALAM MENGKONSUMSI KONTEN IDNTIMES.COM
Main Author: | Pahlevi, Reza |
---|---|
Format: | bachelorthesis doc-type Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Online Access: |
http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/34878 |
Daftar Isi:
- Reza Pahlevi, 210610150029, 2019. Skripsi ini berjudul “Tingkat Kepuasan Milenial dalam Mengkonsumsi Konten IDNTimes.com, Studi Kuantitatif Deskriptif Mengenai Tingkat Kepuasan Khalayak Kelahiran 1983-1998 dalam Mengkonsumsi Konten Media Digital IDNTimes.com Menggunakan Teori Uses & Gratifications Model MAIN”. Dosen Pembimbing Utama Dr. Aceng Abdullah, Drs., M.Si. Dosen Pembimbing Pendamping Dandi Supriadi, S.Sos., MA (SUT), Program Studi Jurnalistik Fakultas Ilmu Komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan khalayak milenial ketika mengkonsumsi konten IDN Times.com. Penulis menggunakan Model MAIN Sundar & Limperos (2013) untuk mengetahui kepuasan tersebut. Terdapat empat kepuasan dalam model tersebut, yakni kepuasan modality yang berkaitan dengan isi dan kemasan konten, kepuasan agency yang berkaitan dengan kemampuan khalayak jadi agen informasi dan ketersebaran konten, kepuasan interactivity yang berkaitan dengan kebebasan pengguna dalam mengakses laman-laman situs, dan kepuasan navigability yang berkaitan dengan kemudahan bergerak dalam situs. Metode yang digunakan adalah survei dengan teknik analisis statistik deskriptif. Data primer didapat melalui kuesioner yang disebarkan kepada sampel penelitian sebanyak 373 orang dengan teknik sampling acak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum khalayak memiliki tingkat kepuasan sedang dalam semua unsur kepuasan. Interactivity memiliki nilai rata-rata kepuasan tertinggi dengan angka cenderung tinggi, navigability tertinggi kedua, modality tertinggi ketiga, dan agency memiliki nilai rata-rata terendah. Temuan ini menunjukkan bahwa walau IDN Times mengaku sebagai media milenial, IDN Times belum sepenuhnya memberikan kepuasan bagi khalayak milenial.