STRATEGI KOMUNIKASI PROGRAM LEMBAGA KEMANUSIAAN AKSI CEPAT TANGGAP
Main Author: | Fitri, Haniva Rhamdani |
---|---|
Format: | bachelorthesis doc-type Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Online Access: |
http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/34864 |
Daftar Isi:
- Haniva Rhamdani Fitri, 210510150055, Jurusan Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Penelitian ini berjudul “Strategi Komunikasi Program Lembaga Kemanusaiaan Aksi Cepat Tanggap”. Dengan dosen pembimbing Dr. Slamet Mulyana, M.I.Kom, sebagai pembimbing utama dan Dr. Hj. Rd. Funny Mustikasari E, M.Si, sebagai pembimbing pendamping. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui alasan Lembaga Kemanusiaan “Aksi Cepat Tanggap” (ACT) membuat strategi komunikasi, bagaimana strategi komunikasinya, bagaimana cara mengatasi hambatan, dan alasan donatur juga mitra membantu funding program ACT. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode studi kasus. Penelitian studi kasus merupakan uraian dan penjelasan yang komprehensif mengenai suatu fenomena atau kasus yang memiliki keunikan. Jumlah narasumber penelitian ini sebanyak enam orang, yang berhubungan langsung dengan program humanity food truck. Selain itu ada juga empat orang triangulator penelitian. Pengumpulan data dilakukan dari Mei 2019 sampai Januari 2020 dengan melakukan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi yang dilakukan di Kota Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alasan ACT membuat strategi komunikasi adalah untuk penyebar luasan informasi mengenai organisasi serta menyosialisasikan programnya. Strategi komunikasi yang digunakan oleh ACT dalam program humanity food truck adalah pemilihan pesan, penentuan khalayak sasaran, pemilihan media, dan penentuan communication goal. Kemudian, upaya ACT dalam mengatasi hambatan adalah dengan memanfaatkan Sumber Daya Organiasi yang dimiliki serta dibantu oleh para relawan. Hal yang mendasari donatur publik untuk berdonasi adalah adanya kebutuhan aktualisasi diri untuk bermanfaat dan membantu orang lain, sedangkan untuk mitra umumnya adalah adanya tanggung jawab sosial yang dimiliki oleh mitra.