Pengelolaan Akun Media Sosial Instagram @blanjacom oleh BLANJA.com
Main Author: | Suryaningtyas, Safira Firdaus |
---|---|
Format: | bachelorthesis doc-type Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Online Access: |
http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/34821 |
Daftar Isi:
- Safira Firdaus Suryaningtyas, 210310160050, Program Studi Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran. Penelitian ini berjudul “Pengelolaan Akun Media Sosial Instagram @blanjacom oleh BLANJA.com” dan sub judul “Studi Deskriptif Mengenai Penerapan Model ROSTIR dari Regina Luttrell pada Akun Instagram @blanjacom” dengan pembimbing utama Centurion C. Priyatna. M.Si., Ph. D dan FX. Ari Agung Prastowo, S.Sos., M.I.Kom sebagai dosen pendamping. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan media sosial Instagram @blanjacom oleh BLANJA.com. Penelitian ini menggunakan konsep ROSTIR oleh Regina Luttrell dengan metode deskriptif dan jenis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Instagram @blanjacom melakukan pengelolaan media sosial berawal dari reseach yaitu berupa observasi secara sekunder namun tidak dilakukan secara mendalam. (2) Pada tahap objectives BLANJA.com fokus kepada menyajikan konten namun hal ini tidak dibarengi dengan kuantitas dan kemampuan sumber daya manusia yang terbatas sehingga kurang realistis dalam mencapai targetnya. (3) Perubahan visualisasi Instagram @blanjacom menjadi strategi BLANJA.com untuk membuat tampilan menjadi lebih menarik dan tidak monoton. (4) Instagram @blanjacom melakukan tactic dengan boosting ads pada konten yang bersifat hard sale untuk menjangkau audiens yang lebih luas dan mengelola seluruh media sosialnya sendiri. (5) Dalam melakukan implementation, Instagram @blanjacom mengacu kepada guidelines komunikasi yaitu harus dapat memenuhi seluruh kebutuhan tim BLANJA.com dan guidelines creative dalam menjaga tampilan feeds Instagram @blanjacom serta timeline untuk meng-track kegiatan yang dilakukan. (6) Pada tahap reporting dan evaluation, dilakukan secara berkala yaitu weekly, monthly, quarter dan yearly. Simpulan pada penelitian ini adalah penerapa model ROSTIR di akun media sosial Instagram @blanjacom belum berjalan dengan maksimal. Saran yang disampaikan oleh peneliti kepada BLANJA.com adalah sebaiknya BLANJA.com melakukan riset lebih mendalam untuk mengetahui ketertarikan followersnya adan membantu meningkatkan engagement Instagram @blanjacom.