HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN INSTAGRAM @universitaspadjadjaran DENGAN PEMUASAN KEBUTUHAN INFORMASI FOLLOWERS MENGENAI UNIVERSITAS PADJADJARAN
Main Author: | Tiara, Olga |
---|---|
Format: | bachelorthesis doc-type Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Online Access: |
http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/34820 |
Daftar Isi:
- Olga Tiara, 210310160047, 2020, Penelitian ini berjudul Hubungan antara penggunaan instagram @universitaspadjadjaran dengan pemuasan kebutuhan informasi followers. Penelitian ini berada di bawah bimbingan Dr. Feliza Zubair M.Si sebagai pembimbing utama dan Priyo Subekti, S.Sos.,M.Si sebagai pembimbing pendamping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penggunaan akun instagram @universitaspadjadjaran dengan pemuasan kebutuhan informasi followers mengenai Universitas Padjadjaran. Penelitian ini menggunakan teori Uses and Gratifications dengan metode korelasional serta teknik analisis deskriptif dan inferensial. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 384 orang yang ditentukan dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan angket, melakukan wawancara, observasi dan studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang rendah tapi pasti antara intensitas penggunaan instagram @universitaspadjadjaran dengan pemuasan kebutuhan kognitif, afektif, integrasi personal, integrasi sosial dan pelepasan ketegangan. Selain itu terdapat hubungan yang cukup berarti antara jenis konten instagram @universitaspadjadjaran dengan pemuasan kebutuhan kognitif, afektif, integrasi personal, integrasi sosial dan pelepasan ketegangan. Hubungan yang cukup berarti juga terdapat antara Hubungan antara individu dengan konten media yang dikonsumsi dengan pemuasan kebutuhan kognitif, afektif, integrasi personal, integrasi sosial dan pelepasan ketegangan. Simpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan yang kuat antara penggunaan media instagram @universitaspadjadjaran dengan pemuasan kebutuhan informasi followers mengenai Universitas Padjadjaran. Peneliti menyarankan agar instagram @universitaspadjadjaran dikemas dengan lebih baik lagi dengan penggunaan visual yang menarik baik dari segi foto atau desain serta caption yang jelas dan memuat informasi yang memang dibutuhkan followers.