PERSEPSI PEMUSTAKA TERHADAP KUALITAS LAYANAN PERPUSTAKAAN UMUM
Main Author: | Ridwan, Nizar Al-ayubi |
---|---|
Format: | bachelorthesis doc-type Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/34628 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pengguna di Perpustakaan Gasibu Bandung. Kualitas layanan ditinjau dari tiga dimensi kualitas layanan menurut Model LibQual yakni Information Control, Affect of Services dan Library as Place. Kepuasan pengguna ditentukan berdasarkan analisa gap antara persepsi dan harapan pengguna. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan metode survey. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah pemustaka Perpustakaan Gasibu Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan perpustakaan secara umum belum dapat memberikan kepuasan bagi penggunanya. Nilai Adequacy Gap secara umumya kini masih dibawah nilai rata-rata harapan minimum yakni 0,15. Dimensi yang paling berkontribusi mempengaruhi ketidakpuasan pengguna yakni dimensi-dimensi Information Control dengan nilai Adequacy Gap 0,10. Pernyataan yang dinilai memberikan kepuasan bagi pengguna yakni pernyataan tentang ruangan perpustakaan memberikan inspirasi saya untuk membaca dan belajar dengan nilai Adequacy Gap positif sebesar 0,28. Sedangkan pernyataan yang paling tidak memuaskan bagi pengguna yakni pada aspek perpustakaan memudahkan pemustaka untuk mencari koleksi-koleksi dengan nilai Adequacy Gap-nya yakni sebesar –0,18. Perpustakaan Gasibu Bandung diharapkan berupaya lebih baik untuk dapat meraih kepuasan pengguna dengan cara meningkatkan kualitas layanannya.