Komunikasi Pembelajaran Anak Cerebral Palsy

Main Author: Sari, Meyliza Intan
Format: bachelorthesis doc-type Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/33676
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Meyliza Intan Sari. 210110140021, 2019. Program Studi Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Judul Penelitian yaitu “Komunikasi Pembelajaran Anak Cerebral Palsy”. Pembimbing utama Dr. Rd. Hj. Funny Mustikasari Elita,Dra.,M.Si dan Pembimbing pendamping Ilham Gemiharto, S.Sos.,M.Si. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui alasan mengapa komunikasi pembelajaran penting bagi anak cerebral palsy, mengetahui bagaimana proses komunikasi pembelajaran, dan mengetahui bagaimana peran komunikasi pembelajaran pada anak cerebral palsy di YPAC Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi dan telaah dokumen. Wawancara dilakukan kepada para informan yaitu guru, psikolog, orangtua murid YPAC Jakarta dan seorang informan ahli terkait pendidikan bagi anak luar biasa. Hasil dari penelitian ini adalah proses komunikasi pembelajaran dilakukan dengan membuat perencanaan pembelajaran dimana perencanaan tersebut didalamnya terdapat strategi manajemen kelas kecil dan penggunaan buku tema. Metode komunikasi pembelajaran yang digunakan diatara lain adalah demonstrasi, tanya jawab, ceramah dan yang lainnya. Peran dari komunikasi pembelajaran ialah mampu meningkatkan kepercayaan diri, meningkatkan kemampuan berinteraksi dan sosialisasi,meningkatkan kemampuan belajar dan berpikir serta meningkatkan konsentrasi belajar. Saran peneliti adalah mengedukasi kepada orangtua betapa pentingnya menjalin komunikasi antara orangtua, siswa dengan guru disekolah dan juga mengedukasi masyarakat karena masih adanya kekurangan informasi di masyarakat mengenai cerebral palsy. Kata Kunci : Komunikasi Pembelajaran, Cerebral Palsy